digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan internet yang marak saat ini menyebabkan munculnya komunitas-komunitas online. Berbagai jenis komunitas online yang muncul menarik minat orang untuk menjadi anggota komunitas tersebut. Setiap orang yang menjadi anggota komunitas online ini memiliki motivasi-motivasi tertentu mengapa mereka bergabung di komunitas tersebut. Penelitian ini mengungkapkan motivasi orang untuk bergabung ke komunitas online di Indonesia. Komunitas yang menjadi objek penelitian adalah tiga komunitas besar di Indonesia (komunitas kamera Canon EOS 1000D, komunitas sepeda Polygon Xtrada 5 dan komunitas film StarWars). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode netnografi yang telah banyak digunakan untuk meneliti komunitas online. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi untuk bertukar informasi lebih kuat di komunitas Polygon Xtrada 5 dan komunitas StarWars. Motivasi yang dominan untuk komunitas Canon EOS 1000D adalah untuk mencari dukungan social. Penelitian ini memberikan analisis mengenai faktor yang menyebabkan perbedaan-perbedaan tersebut dan mempelajari dampaknya terhadap komponen utama dari sebuah komunitas online, yaitu consciousness of kind, shared ritual and traditions dan sense of moral responsibility.