Laporan tugas akhir ini menjelaskan proses perancangan dan analisis bilah fan untuk mesin electric ducted fan. Mesin ini akan menjadi alternatif pada wahan terbang quadrotor. Mesin harus persyaratan rancangan yaitu mampu mengangkat beban 15 kg pada kondisi hover dan kecepatan menanjaknya ditentukan sebesar 9 m/s pada ketiggian sea level. Mesin ini menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya, sehingga diperlukan rancangan bilah yang dirancang sesuai dengan ketersediaan motor listrik di pasaran.
Proses perancangan dilakukan dengan metode analitik berbasi teori elemen bilah dan teori momentum. Proses analisis dilakukan secara analitik dan numerik. Metode numerik ini dilakukan untuk memvalidasi hasil analisis dari metode analitik. Dalam tugas akhir ini, perangkat lunak yang digunakan untuk simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan bantuan program ICEM dan CFX.
Hasil CFD menunjukan terdapat perbedaan gaya dorong sebesar 10% pada titik rancangan. Perbedaan gaya dorong ini kemungkinan disebabkan oleh perbedaan nilai dari kenaikan tekanan yang dihasilkan dari simulasi dengan perhitungan teoritik. Pada kondisi off-design, tampak bahwa hasil analisis secara anlitik dan numerik pada umumnya bersesuaian. Perbedaan maksimum yang ada adalah sebesar 18% pada putaran 1400 rpm dan debit 7.916 m3/s