digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Usaha Kecil Menengah (UKM) telah terbukti memiliki peranan besar dalam menyelamatkan perekonomian Indonesia disaat terjadinya krisis ekonomi global. Peranan tersebut terlihat pada kontribusinya pada Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional, serta dalam penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat. Namun di tengah peranannya yang begitu besar, UKM seringkali memiliki masalah dalam memperluas akses pasar untuk pengembangan usahanya. Studi kasus dilakukan pada CV. Puri's, sebuah UKM di kota Bandung yang bergerak dalam produksi, dan perdagangan produk busana muslim dengan merek dagang Humaira. Humaira merupakan salah satu UKM yang memiliki banyak potensi, jika ditinjau dari prestasi yang pernah diraihnya, namun memiliki beberapa kendala dalam pengembangan usahanya. Selama ini, strategi pemasaran Humaira bergantung pada gerai-gerai hasil kerjasamanya dengan departement store dan pasar swalayan yang memiliki wilayah pengembangan lokal. Tingkat persaingan yang semakin tinggi dalam memperoleh kerjasama tersebut menyebabkan terjadinya penurunan jumlah gerai yang dimilikinya saat ini, dan berujung pada penurunan penjualan. Solusi diberikan dengan mencari alternatif metode pemasaran yang sesuai dengan kondisi internal perusahaan. Pemanfaatan teknologi internet untuk kegiatan pemasaran atau internet marketing menjadi alternatif solusi yang diberikan pada proyek akhir ini. Manfaat yang beragam dan jumlah pengguna yang besar dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi menjadi sebuah potensi bagi Humaira untuk dapat memanfaatkan internet dalam pemasaran produknya. Rencana penerapan strategi internet marketing untuk Humaira dibagi menjadi 3 tahap, yaitu penerapan strategi awal, strategi jangka pendek, dan strategi jangka panjang. Penerapan strategi awal diawali dengan pembuatan website, dan kemudian dilanjutkan dengan metode Search Engine Optimization, dan Social Media Optimization yang tidak membutuhkan biaya. Biaya yang dibutuhkan dalam strategi awal ini adalah sebesar Rp. 880.000, yang diperuntukkan untuk pembuatan website. Dengan 158.000 orang setiap bulan yang mencari kata busana muslim di website Google, diproyeksikan penerapan strategi internet marketing yang konsisten dapat menghasilkan penjualan yang lebih besar dibanding penjualan offline-nya pada tahun ke-3.