digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Mobil balap Student Formula SAE® merupakan mobil balap yang dirancang, dibuat, diuji, dan dikompetisikan oleh mahasiswa sesuai dengan 2010 Formula SAE® Rules. Engine yang digunakan maksimum berkapasitas 610 cc. Perancangan rangka dimulai dengan ditentukan Design Requirement and Objective (DR&O) rangka yang didasarkan pada 2010 Formula SAE® Rules dan studi literatur. Selanjutnya dipilih jenis struktur dan material rangka yang digunakan. Kemudian ditentukan tata letak komponen utama dan posisi pengemudi dengan geometri serta distribusi massa. Rancangan tersebut kemudian dibuat dengan perangkat lunak Autodesk Inventor Professional 2010. Tahapan selanjutnya, didetailkan dimensi dan geometri pada batang-batang rangka beserta dudukan komponen utama. Selama proses perancangan terjadi 4 kali perubahan rancangan rangka seiring dengan pertambahan beberapa parameter dan data pendukung yang lebih akurat. Perancangan awal ini menghasilkan rangka dengan jenis tubular space frame dan material baja karbon rendah. Wheel base yang dipilih sebesar 1.750 mm, front wheel track 1.225 mm, dan rear wheel track 1.152 mm. Diameter dan tebal pipa yang digunakan berturut-turut 27 dan 2,5 mm untuk main hoop, front hoop, dan shoulder hardness mounting bar, 27 dan 2 mm untuk front bulkhead, bracing, front bulkhead support, side impact structure, dudukan engine, dudukan differential, dan dudukan suspensi belakang, serta 21,3 dan 2 mm untuk batang lainnya. Distribusi massa yang didapat 49 persen depan dan 51 persen belakang dengan bobot rangka 48,35 kg. Rancangan ini selanjutnya dapat dilakukan analisis dinamik.