digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Properti adalah sebuah komoditas bisnis yang sangat menarik. Menurut teori mikroekonomi, properti adalah komoditas yang nilainya secara ekonomi akan selalu meningkat, karena ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan (pasar tidak sempurna). Meskipun permintaan akan properti cukup tinggi, namun saat ini pemanfaatan sistem informasi geografis (SIG) berbasis web untuk pemasaran properti masih terbatas. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dibuat sebuah SIG berbasis web untuk pemasaran properti. Pembangunan SIG berbasis web akan dilakukan menggunakan perangkat lunak Google Fusion Tables sebagai DBMS dan Google Maps untuk tampilan peta. Penelitian akan diawali dengan analisis kebutuhan pengguna dan studi literatur, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data. Setelah itu akan dilakukan perancangan basis data. Kemudian, dilakukan pembangunan basis data dan implementasi antarmuka berbasis web. Sistem ini kemudian akan dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebuah SIG berbasis web sebagai sarana pemasaran properti. Sistem ini diharapkan akan memberikan kemudahan bagi pengguna (agen dan klien properti) terutama dalam memfasilitasi pemasaran properti.