2009 TS PP SARI NARULITA 1.pdf
Dalam proses pendidikan, perasaan dan sikap siswa akan berpengaruh sangat kuat terhadap proses belajarnya. Salah satu unsur yang berpengaruh dalam proses pembelajaran efektif adalah motivasi. Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk membangkitkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar adalah melalui game dan animasi 3D. Sistem ini mengedepankan penyajian yang menarik dan interaktif sehingga siswa termotivasi dan dapat mencapai pembelajaran yang efektif.Tesis ini menggunakan tinjauan teknologi web based learning dan tinjauan pedagogik tentang motivasi siswa dalam pembelajaran. Teori motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) dari Keller menjadi acuan dalam mendesain game dan animasi 3D yang dapat mendukung tercapainya pembelajaran efektif. Selanjutnya dilakukan proses analisis dari pengujian sistem pada siswa SMP Angkasa Bandung.Hasil analisis terhadap proses pengujian sistem pada siswa menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media game dan animasi 3D untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tercapai pembelajaran efektif yang salah satunya ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor pada tes akhir pembelajaran.