digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP BABUDIN 1-COVER.pdf


2009 TS PP BABUDIN 1-BAB 1.pdf

2009 TS PP BABUDIN 1-BAB 2.pdf

2009 TS PP BABUDIN 1-BAB 3.pdf

2009 TS PP BABUDIN 1-BAB 4.pdf

2009 TS PP BABUDIN 1-BAB 5.pdf

2009 TS PP BABUDIN 1-BAB 6.pdf

2009 TS PP BABUDIN 1-PUSTAKA.pdf

Penalaran dalam matematika dapat dikatakan sebagai pola berfikir matematis. Ada dua macam penalaran, formal dan informal. Metoda analisisnya didasarkan pada hasil jawaban peserta didik dengan adaptasi terhadap buku teks. Analisis dilakukan dengan cara mengklasifikasi soal dan penyortiran solusinya kepada dua tipe penalaran yaitu penalaran imitatif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah menguji penalaran yang digunakan peserta didik dalam mencari solusi soal ujian nasional dengan didasarkan kepada pertanyaan penelitian: 1. Bagaimana kualitas soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA dilihat dari sudut pandang penalaran peserta ujian dalam menyelesaikan soal ujian? dan 2. Apa yang mungkin dikembangkan agar para peserta ujian dapat menyelesaikan soal dengan menggunakan penalaran imitatif yang didasarkan kepada sifat-sifat dasar soal UN?.