2006 TS PP AGUS TRIONO 1-COVER.pdf
2006 TS PP AGUS TRIONO 1-BAB 1.pdf
2006 TS PP AGUS TRIONO 1-BAB 2.pdf
2006 TS PP AGUS TRIONO 1-BAB 3.pdf
2006 TS PP AGUS TRIONO 1-BAB 4.pdf
2006 TS PP AGUS TRIONO 1-BAB 5.pdf
2006 TS PP AGUS TRIONO 1-PUSTAKA.pdf
Pelat sebagai pelindung atau kulit dari sebuah sistem struktur seringkali dilubangi untuk memenuhi fungsinya. Contoh yang dapat diambil dalam hal ini adalah lubang pada kabin pesawat udara yang berfungsi sebagi jendela atau ventilasi. Pembuatan lubang ini berdampak pada sifat mekanik dari pelat. Pada tepi pelat akan timbul konsentrasi tegangan yang disebabkan oleh tekanan udara yang ada di dalam kabin. Konsentrasi tegangan yang terjadi ini apabila tidak diperhitungkan secara tepat, akan mengakibatkan kegagalan lokal yang pada akhirnya dapat merambat menjadi kegagalan total.Pada tesis ini akan diteliti pengaruh jarak antar lubang serta jarak tepi pelat ke lubang pada pelat dengan dua lubang berbentuk lingkaran yang diberi tegangan aksial seragam. Jarak antar lubang serta jarak tepi pelat ke lubang divariasikan guna melihat fenomena ataupun pola yang terjadi. Fenomena yang terjadi memunculkan sebuah persamaan umum untuk faktor konsentrasi tegangan pada pelat dengan dua lubang. Metoda elemen hingga dan perangkat lunak ANSYS digunakan untuk memudahkan perhitungan dan penganalisaan.