digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TA PP YUNITA PRAPTI RAMDHANI 1-COVER.pdf


2008 TA PP YUNITA PRAPTI RAMDHANI 1-BAB 1.pdf

2008 TA PP YUNITA PRAPTI RAMDHANI 1-BAB 2.pdf

2008 TA PP YUNITA PRAPTI RAMDHANI 1-BAB 3.pdf

2008 TA PP YUNITA PRAPTI RAMDHANI 1-BAB 4.pdf

2008 TA PP YUNITA PRAPTI RAMDHANI 1-BAB 5.pdf

2008 TA PP YUNITA PRAPTI RAMDHANI 1-PUSTAKA.pdf

Sanggar pendidikan anak adalah wadah untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan pendidikan informal bagi anak usia sekolah dasar. Sanggar pendidikan anak ini berlokasi antara Jl. Setrasari dan Jl. Setrawangi Bandung. Luas tapak perancangan 8378 m2 dan luas bangunan 4752 m2. Konsep dasar dari perancangan Sanggar Pendidikan Anak ini adalah menyediakan wadah dan media bermain bagi anak-anak untuk mendukung proses pembelajaran. Konsep ini diturunkan menjadi beberapa konsep turunan yaitu memisahkan anak dari orang tuanya, memberi tantangan, menggugah imajinasi, memberi rangsangan pada panca indera, dan memperhatikan faktor keselamatan.Secara garis besar, tapak dibagi menjadi dua area utama yaitu area umum dan area pendidikan. Kedua fungsi utama ini dibatasi oleh sungai kecil yang membelah tapak. Setiap bangunan pada sanggar pendidikan anak dihubungkan dengan selasar beratap, baik di lantai dasar maupun lantai dua. Area umum dan anak-anak dihubungkan dengan sebuah jembatan untuk menyebrangi sungai. Karena alasan fungsi, massa bangunan tidak dibuat massa tunggal tapi dipecah jadi lima buah massa bangunan. Penataan massa diorientasikan ke dalam dengan alasan keamanan dan kemudahan pengawasan. Pengikat dari semua bangunan yang ada di Sanggar pendidikan anak terutama pada area anak-anak adalah ruang luar yang berbentuk taman bermain. Taman bermain dipecah-pecah menjadi beberapa bagian untuk menciptakan ruang bermain mikro untuk menyesuaikan dengan skala anak.Sanggar Pendidikan anak ini mengambil tema Arsitektur berawawasan perilaku. Arsitektur berwawasan perilaku adalah arsitektur yang responsif terhadap perilaku manusia terutama perilaku pemakai fasilitas produk arsitektur yang dalam kasus ini adalah anak-anak. Aplikasinya dalam desain antara lain selubung bangunan yang berbentuk abstrak dan memperbanyak ruang bermain.