2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-COVER.pdf
2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-BAB 1.pdf
2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-BAB 2.pdf
2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-BAB 3.pdf
2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-BAB 4.pdf
2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-BAB 5.pdf
2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-BAB 6.pdf
2008 TS PP NANIK SRI RAHAYU 1-PUSTAKA.pdf
Pemberlakuan kurikulum 2006 telah memberikan kesempatan yang luas kepada para guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Kesempatan ini di satu sisi memudahkan guru namun di sisi lain menyulitkan guru. Khusus guru matematika di sekolah dasar (SD), kesulitan yang sering dialami guru adalah kurangnya pengetahuan tentang materi matematika dan cara mengajarkannya, akibatnya siswa sulit memahami materi matematika yang diajarkan guru. Untuk membantu mengatasi masalah guru dan siswa tersebut, telah dikembangkan pendekatan pembelajaran matematika, yaitu Realistic Mathematics Education (RME).
Penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, dalam hal administrasi maupun penyampaian materi pelajaran. Interactive e-learning membuat siswa turut berperanserta secara aktif dalam proses pembelajaran. Penyajian materi matematika menggunakan animasi dan game, dengan pendekatan RME membuat materi mudah dimengerti.
Dalam penelitian ini, dibuat prototipe sistem pembelajaran berbasis web dengan materi pelajaran matematika yang disajikan menggunakan pendekatan RME. Untuk studi kasus, materi digunakan adalah geometri dan pengukuran kelas 1 dan 2 SD dengan menggunakan piranti lunak Macromedia Flash 8.
Hasil-hasil pengujian terhadap aplikasi yang dibuat menunjukkan bahwa penggunaan animasi dan game untuk menyampaikan materi geometri dan pengukuran membantu para siswa lebih cepat mengerti materi. Penggunaan hal-hal konkret dan dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari membantu guru dalam hal penyediaan alat peraga matematika. Hal ini merupakan prospek yang baik bagi pengembangan di masa yang akan datang.