digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1990 KUSMAYADI
PUBLIC rikrik

PENGARUH KENDARAAN YANG MEMBELOK KEKIRI TERHADAP ARUS JENUH PADA SEBUAH PERSIMPANGAN DI BANDUNG, Davey Kusmayadi, 1990, Program Sistem dan Teknik Jalan Raya, Fakultas Pasca Sarjana, Institut Teknologi Bandung. Pengelolaan lalu-lintas memperhatikan tindakan jangka pendek untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan baik untuk pejalan kaki maupun kendaraan pada jaringan jalan yang ada. Riset ini berkaitan dengan arus jenuh lajur lurus dan belok kiri pada sebuah persimpangan yang dilengkapi lampu lalu-lintas, di mama arus jenuh dipengaruhi oleh kendaraan yang membelok ke kiri, kendaraan yang bergerak lurus pada lajur yang bersebelahan dan pejalan kaki. Selama perioda hijau, baik kendaran yang bergerak lurus maupun kendaraan yang membelok ke kiri dapat berjalan melewati garis stop, dan proporsi kendaraan yang membelok ke kiri terhadap kendaraan yang bergerak lurus menentukan arus jenuh lajur tersebut. Bila proporsi kendaraan yang membelok ke kiri bertambah, maka arus jenuh akan berkurang. Kondisi tersebut dapat diperluas bila kendaraan yang membelok ke kiri melewati kendaraan yang bergerak lurus pada lajur yang bersebelahan dan arus pejalan kaki. Bila jumlah kendaraan yang bergerak lurus pada lajur yang bersebelahan dan pejalan kaki bertambah, maka kendaraan yang membelok ke kiri akan terhalangi, oleh karenanya arus jenuh juga akan berkurang. Riset ini menemukan hubungan antara arus jenuh Lajur 2 dengan proporsi kendaraan yang membelok ke kiri dan kendaraan yang bergerak lurus pada Lajur 1. Model Swedia memperlihatkan hubungan linier yang kuat antara arus jenuh lajur dengan kendaraan yang membelok dengan arus pejalan kaki. Kebutuhan akan lampu pejalan kaki dirasakan demi keselamatan dan kemudahan pejalan kaki untuk menyeberangi jalan