2025 SK PP Sabila Virajati Rahman [19020061] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Pasar kecantikan Indonesia sangat kompetitif, dan merek perawatan kulit lokal seperti Somethinc, meskipun memiliki kesadaran merek yang signifikan, menghadapi tantangan dalam mencapai pangsa pasar yang dominan pada platform e-commerce terkemuka. Ini menandakan perbedaan antara kehadiran online dan konversi penjualan aktual. Studi ini berusaha untuk menyelidiki dampak Pemasaran Media Sosial (SMM) dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) pada niat pembelian produk Somethinc, sambil menyelidiki peran mediasi berurutan dari sikap merek dan kepercayaan merek. Metodologi kuantitatif digunakan, mengumpulkan data dari 200 konsumen Somethinc di Indonesia berusia 15 hingga 24 tahun melalui kuesioner online. Analisis jalur dilakukan pada data yang memanfaatkan SmartPLS. Hasilnya menunjukkan mekanisme psikologis substansial yang melaluinya SMM dan e-WOM memengaruhi sikap merek secara positif. Disposisi optimis ini akibatnya bertindak sebagai indikator kepercayaan merek yang kuat dan substansial. Pada akhirnya, kepercayaan merek berfungsi sebagai faktor langsung terpenting yang memengaruhi niat pembelian. Studi ini menunjukkan bahwa agar Somethinc dapat mengubah popularitasnya menjadi penjualan, inisiatif pemasaran harus secara strategis menekankan pembangunan kepercayaan dengan awalnya memanfaatkan pemasaran media sosial dan promosi dari mulut ke mulut secara elektronik untuk menumbuhkan persepsi merek yang positif.
Perpustakaan Digital ITB