Rollover merupakan mode kegagalan kritis pada forklift, terutama saat
bermanuver dengan variasi kecepatan dan beban. Tesis ini mengusulkan
Sistem Regulasi Kestabilan Roll untuk forklift otonom berbasis pemodelan
multi-input dengan dua masukan: sudut kemudi ? dan torsi penggerak Tm.
Fokus utama adalah penyusunan model dinamika kendaraan terintegrasi yang
memadukan dinamika lateral, yaw, roll, dan kecepatan longitudinal Vx. Model
nonlinier diturunkan dari persamaan gerak dengan pendekatan ban linier
(sudut kecil), memasukkan efek geometri (lf , lr, HR) serta aerodinamika dan
resistansi gelinding pada arah longitudinal. Model kemudian diekspresikan
dalam bentuk state-space dan dilinierkan di sekitar titik kerja untuk keperluan
perancangan kontrol.
Sebagai indeks keselamatan, Load Transfer Ratio (LTR) digunakan semata-
mata sebagai keluaran yang diamati. Pengendali yang diterapkan adalah
LQR berbasis umpan-balik keadaan penuh (full-state feedback) untuk state
stabilization; LTR tidak dikontrol secara langsung, melainkan dipantau melalui
matriks keluaran. Evaluasi melalui sejumlah skenario beban menunjukkan
bahwa pengendali menurunkan puncak LTR pada berbagai kondisi operasi.
Kontribusi utama karya ini meliputi: (i) model state-space terunifikasi yang
secara eksplisit mengaitkan kopling longitudinal–lateral–yaw–roll pada forklift,
(ii) alur kerja linearization-to-control yang sistematis untuk implementasi di
Simulink, dan (iii) strategi LQR dengan pemantauan LTR yang kompatibel
dengan aktuasi ? dan Tm.
Perpustakaan Digital ITB