digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Dengan ramainya teknologi virtual reality dalam 5 tahun kebelakang, semakin banyak pula penelitian yang menggunakan VR untuk membuat virtual lab. Namun jarang sekali adanya penelitian virtual lab terkait modul pengenalan lab. Setelah melewati masa pandemi, kemungkinan para mahasiswa masuk kedalam kampus tanpa pernah masuk ke dalam lab kimia semakin besar. Penelitian ini merancang dan membangun virtual lab kimia dasar berbasis VR dan menganalisis pengaruh penggunaan virtual lab terhadap pengalaman dan hasil belajar pengguna. Penelitian ini akan menggunakan metodologi user-centered design sehingga fokus penelitian ini akan bertuju pada pengalaman pengguna. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode usability testing dengan matrik SEQ (Single Ease Question) dan SUS (System Usability Scale). Hasil menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi virtual lab memiliki efektivitas yang tinggi dan sangat membantu pengguna untuk membiasakan diri dengan peralatan dasar lab. Penelitian ini menunjukkan peningkatan pengalaman pengguna sehingga terjadinya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan aplikasi virtual lab.