digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Manajemen relasi pemasok merupakan salah satu proses krusial dalam proses pengadaan untuk memastikan rantai pasok perusahaan resilien. Dalam melaksanakan proses terkait, PT XYZ sempat menggagalkan suatu kegiatan pengadaan karena kondisi pemasok yang tidak stabil di tengah proses negosiasi. Hal ini gagal teridentifikasi karena perusahaan belum melakukan penilaian awal terhadap pemasok yang menjadi bagian dalam proses manajemen relasi pemasok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan dapat membuat penyesuaian praktik manajemen relasi pemasok agar sesuai dengan praktik terbaik di tengah industri saat ini. Namun, pelaksanaan inisiatif tersebut menimbulkan sebuah kekhawatiran terhadap ketersediaan dan kapabilitas sumber daya manusia untuk melaksanakan proses bisnis baru. Dengan kondisi tersebut, tugas akhir ini berfokus untuk membuat sebuah rancangan solusi sistem manajemen relasi pemasok yang mampu mengurangi resistensi pengguna dalam melaksanakan proses bisnis baru. Tugas akhir ini menggunakan metodologi design thinking untuk menganalisis permasalahan pengguna, merancang, serta mengevaluasi solusi. Rancangan solusi sistem yang akan dibangun dalam tugas akhir ini diwujudkan dalam lapisan bisnis, sistem informasi (data dan aplikasi), serta teknologi menggunakan model UML dan BPMN. Pengujian terhadap rancangan solusi sistem tersusun atas tiga bagian, antara lain evaluasi ketelusuran kebutuhan fungsional, evaluasi ketercapaian kebutuhan nonfungsional melalui pengujian antarmuka, serta evaluasi ketercapaian tujuan solusi melalui penyebaran kuesioner. Hasil evaluasi yang didapatkan pada dua evaluasi pertama berhasil membuktikan perancangan solusi didasarkan oleh kebutuhan yang telah didefinisikan. Sementara itu, hasil yang didapatkan pada evaluasi ketiga berhasil membuktikan bahwa rancangan solusi sistem yang dibangun layak digunakan dan dipelajari dengan mudah oleh para pengguna serta menyelesaikan permasalahan perusahaan.