Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Berpikir komputasional merupakan kemampuan yang sangat penting dikuasai
pada saat ini. Berpikir komputasional bertujuan untuk membantu dalam
penyelesaian masalah menggunakan konsep komputasi. Ada banyak kemajuan
dalam berbagai bidang yang muncul akibat berpikir komputasional. Kemampuan
tersebut bahkan mulai umum diajarkan kepada anak-anak usia dini.
Network flow merupakan ilmu yang secara umum mempelajari cara memindahkan
entitas dari suatu titik ke titik lain dalam jaringan secara efisien. Network flow
sudah umum digunakan dalam berbagai bidang. Salah satu permasalahan penting
dalam network flow adalah maximum flow problem yang bertujuan menentukan
besar aliran maksimum yang dapat melalui sebuah jaringan. Metode pembelajaran
yang interaktif masih jarang digunakan untuk memahami network flow. Padahal,
metode seperti game-based learning sudah mulai sering digunakan untuk berbagai
materi dan terbukti dapat mendorong pelajar untuk memahami pelajaran dengan
lebih baik. Game-based learning memerlukan gim yang menarik untuk
memaksimalkan hasil pembelajaran. Framework desain gim seperti MDA dapat
digunakan untuk membantu dalam membuat gim yang menarik.
Studi ini bertujuan membuat dan menguji gim untuk pembelajaran berpikir
komputasional melalui studi kasus network flow. Gim dibuat menggunakan
aplikasi Unity dengan metodologi Rapid Application Development. Didapat
bahwa gim memiliki rata-rata skor rekomendasi 8,33 dan kelompok mahasiswa
yang menggunakan gim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi pada
pertanyaan studi kasus dibanding kelompok yang tidak memainkan gim. Namun,
tidak ada perbedaan hasil pada siswa SMA. Hasil mengindikasikan bahwa gim
yang dibuat cukup menarik dan efektif untuk membantu pembelajaran berpikir
komputasional melalui network flow bagi mahasiswa, namun kurang efektif untuk
siswa SMA.
Perpustakaan Digital ITB