digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tugas Akhir desain perancangan jalur cepat meliputi perancangan struktur dan manajemen rekaya konstruksi. Jalur cepat merupakan bagian dari Gedung Transfer Hub, jalur tersebut menghubungkan antara Stasiun Mangarai dan dan Terminal Manggarai. Jalur ini berada di ketinggian 6,5 meter diatas permukaan tanah. Jalur cepat terdiri dari 2 struktur, yakni struktur utama dan jembatan penyebrangan. Struktur utama jalur cepat memiliki lebar 8 meter dan panjang hingga 128 meter yang terbagi menjadi 16 segmen identik. Struktur utama ini menggunakan bahan beton bertulang sebagai struktur utama dan menggunakan bahan baja untuk atapnya. Sementara struktur jembatan penyebrangan memiliki bentang 20 meter dan lebar 4 meter yang ditopang oleh 3 kolom pada tiap ujungnya. Struktur ini menggunakan baja sebagai struktur utama dan bon deck beton sebagai pelat. Pada Tugas Akhir ini, kedua struktur tersebut akan dirancang aspek struktur mulai dari kriteria desain struktur, pemodelan struktur menggunakan perangkat lunak ETABS, analisis struktur, detailing elemen struktur hingga aspek manajemen konstruksi meliputi work breakdown structure (WBS), analisis kondisi eksisting lapangan, metode pelaksanaan konstruksi, analisis harga satuan pekerjaan, volume pekerjaan, penjadwalan, dan estimasi biaya konstruksi. Selain itu, pada tugas akhir ini juga dibahas mengenai sirkulasi pejalan kaki di dalam Gedung Transfer Hub. Nantinya akan analisis dan evaluasi kinerja dari desain arsitektural terhadap pergerkan pejalan kaki menggunakan perangkat lunak VISSIM/VISWALK. Standar acuan yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja pergerakan pejalan kaki berdasar pada Planning Criteria and Levels of Service dari Station Planning Standards and Guidelines yang mengacu pada Fruin Level of Service. Nantinya setelah dilakukan evaluasi, akan dilakukan analasis untuk mendapatkan alternatif solusi atau saran agar kinerja sirkulasi pergerakan pejalan kaki menjadi lebih lancar.