digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Maraknya merek sepatu di Indonesia menunjukkan industri yang berkembang. Hal ini telah meningkatkan persaingan bisnis yang membutuhkan inovasi dan strategi baru. Merek sepatu sering merilis sepatu dengan kuantitas terbatas, atau sepatu edisi terbatas (LES) sebagai strategi pemasaran karena menciptakan kekurangan penawaran dan permintaan, yang membuat konsumen dua kali lebih mungkin untuk membeli produk. OLE merupakan sepatu limited edition yang dirilis satu kali, dan RLE merupakan sepatu limited edition yang dirilis beberapa kali, namun rilisnya disesuaikan dengan keinginan konsumen dan modernisasi produksi. Karena metode ini meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli, Compass, merek sepatu Indonesia, menggunakannya untuk mendongkrak penjualan dan minat konsumen, dan berhasil. Efek negatifnya antara lain konsumen kecewa dan marah karena tidak bisa membeli produknya. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sepatu edisi terbatas Compass mempengaruhi niat beli pelanggan dengan mengidentifikasi faktor nilai keuntungan dan kepercayaan merek. PLS-SEM digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel dalam survei online terhadap 205 pembeli atau pemilik sepatu Compass edisi terbatas di Jawa berusia 18 hingga 40 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di OLE, penerapan edisi terbatas mempengaruhi keinginan pelanggan untuk membeli sepatu Compass. Produk sepatu edisi terbatas Compass. Nilai emosional, sosial, dan ekonomi mempengaruhi kepercayaan merek secara positif. Nilai emosional dan ekonomi berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen, tetapi nilai sosial tidak. Nilai RLE emosional, sosial, dan ekonomi meningkatkan kepercayaan merek dan niat membeli konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk sepatu OLE dan RLE, Compass harus mempertahankan karakter uniknya di setiap koleksi, meningkatkan kolaborasi, memberikan informasi lebih detail tentang sepatu edisi terbatas, dan membatasi jumlah pembelian oleh pembeli yang sama. Ini membantu konsumen OLE dan RLE merasakan nilai sepatu yang mereka beli, meningkatkan niat beli mereka. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan para pelaku usaha dan pemasar dapat lebih memahami bagaimana perusahaan dapat meningkatkan minat beli dengan merilis sepatu edisi terbatas untuk OLE dan RLE. Kata Kunci: Sikap Terhadap Merek; Sikap Terhadap Kampanye; Keputusan Pembelian; Niat Beli; Kampanye Pemasaran Sosial