2022 SK PP Gading Indrayana [19019070] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Wiwik Istiyarini
Maraknya merek sepatu di Indonesia menunjukkan industri yang berkembang. Hal ini
telah meningkatkan persaingan bisnis yang membutuhkan inovasi dan strategi baru.
Merek sepatu sering merilis sepatu dengan kuantitas terbatas, atau sepatu edisi terbatas
(LES) sebagai strategi pemasaran karena menciptakan kekurangan penawaran dan
permintaan, yang membuat konsumen dua kali lebih mungkin untuk membeli produk.
OLE merupakan sepatu limited edition yang dirilis satu kali, dan RLE merupakan sepatu
limited edition yang dirilis beberapa kali, namun rilisnya disesuaikan dengan keinginan
konsumen dan modernisasi produksi. Karena metode ini meningkatkan keinginan
konsumen untuk membeli, Compass, merek sepatu Indonesia, menggunakannya untuk
mendongkrak penjualan dan minat konsumen, dan berhasil. Efek negatifnya antara lain
konsumen kecewa dan marah karena tidak bisa membeli produknya. Maka penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis bagaimana sepatu edisi terbatas Compass mempengaruhi
niat beli pelanggan dengan mengidentifikasi faktor nilai keuntungan dan kepercayaan
merek. PLS-SEM digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel dalam survei
online terhadap 205 pembeli atau pemilik sepatu Compass edisi terbatas di Jawa berusia
18 hingga 40 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di OLE, penerapan edisi
terbatas mempengaruhi keinginan pelanggan untuk membeli sepatu Compass. Produk
sepatu edisi terbatas Compass. Nilai emosional, sosial, dan ekonomi mempengaruhi
kepercayaan merek secara positif. Nilai emosional dan ekonomi berpengaruh positif
terhadap niat beli konsumen, tetapi nilai sosial tidak. Nilai RLE emosional, sosial, dan
ekonomi meningkatkan kepercayaan merek dan niat membeli konsumen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa untuk sepatu OLE dan RLE, Compass harus mempertahankan
karakter uniknya di setiap koleksi, meningkatkan kolaborasi, memberikan informasi lebih
detail tentang sepatu edisi terbatas, dan membatasi jumlah pembelian oleh pembeli yang
sama. Ini membantu konsumen OLE dan RLE merasakan nilai sepatu yang mereka beli,
meningkatkan niat beli mereka. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan para
pelaku usaha dan pemasar dapat lebih memahami bagaimana perusahaan dapat
meningkatkan minat beli dengan merilis sepatu edisi terbatas untuk OLE dan RLE.
Kata Kunci: Sikap Terhadap Merek; Sikap Terhadap Kampanye; Keputusan Pembelian;
Niat Beli; Kampanye Pemasaran Sosial
Perpustakaan Digital ITB