Munculnya strategi kampanye pemasaran sosial telah mendorong bisnis-bisnis untuk
mengadopsinya sebagai strategi pemasaran mereka. Namun, meskipun saat ini perusahaan
terus-menerus membuat kampanye pemasaran sosial unik yang bertujuan untuk menyebarkan
kesadaran tentang berbagai masalah dan pesan, banyak dari mereka masih berakhir menjadi
bumerang, yang menyebabkan kampanye mendapat serangan balasan dari pelanggan dan pada
akhirnya mengakibatkan penurunan penjualan hingga boikot produk oleh pelanggan. Oleh
karena itu, perusahaan harus bisa memastikan efektivitas kampanye dalam mendorong
pelanggan untuk berpartisipasi dan membuat keputusan pembelian. Dove membawa kampanye
yang mempromosikan harga diri wanita melalui menciptakan kesadaran dan menyajikan tujuan
ganda untuk membuat wanita merasa lebih cantik dan menjual lebih banyak produk Dove.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Dove Campaign for Real Beauty
mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan terhadap produk, mengidentifikasi faktorfaktor
dalam Dove Campaign for Real Beauty yang mempengaruhi keputusan pembelian
pelanggan terhadap produk, dan mengembangkan rekomendasi pemasaran untuk Dove
Campaign for Real Beauty untuk mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan terhadap
produk tersebut. Pendekatan kuantitatif dengan survei online dilakukan terhadap 276
responden wanita di Indonesia dari segala usia yang telah menonton video kampanye Dove
Campaign for Real Beauty dan telah membeli produk Dove, dan PLS-SEM digunakan untuk
menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dove Campaign
for Real Beauty mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan terhadap produk Dove melalui
beberapa variabel. Ditemukan bahwa reaksi afektif, kepercayaan merek, dan komunitas merek
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui sikap terhadap kampanye, sikap
terhadap merek, dan niat beli. Hasil penelitian menyarankan bahwa Dove harus
mempertahankan pesan dan menekankan pada keragaman melalui penyampaian cerita untuk
meningkatkan reaksi afektif pelanggan, meningkatkan kepercayaan merek dengan
menyampaikan pesan yang dapat dipercaya, dan menciptakan komunitas nyata untuk Dove
Campaign for Real Beauty. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pemasar
tentang bagaimana perusahaan dapat meningkatkan keputusan pembelian melalui strategi
kampanye pemasaran sosial. Studi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pemasar
tentang bagaimana perusahaan dapat meningkatkan keputusan pembelian melalui strategi
kampanye pemasaran sosial.
Perpustakaan Digital ITB