digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ilga Priskilla Romauli
PUBLIC yana mulyana

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan karena Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV-2) yang telah disahkan sebagai pandemi. Oleh karena itu, perlunya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang bertujuan untuk mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) agar dapat mengurangi penularan COVID-19. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman serta kepuasan pegawai terhadap pelayanan vaksinasi COVID-19 pada salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Digunakan desain cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan metode Service Quality/SERVQUAL yang terdiri dari dimensi bukti fisik, ketanggapan, keandalan, jaminan, dan empati. Sampel dihitung menggunakan bantuan software Raosoft dengan jumlah yang diambil sebanyak 226 responden. Pengambilan data berlangsung dari bulan November-Desember 2021 di salah satu perguruan tinggi Kota Bandung. Analisis korelasi data demografi dan kepuasan pegawai dilakukan dengan metode chi square menggunakan aplikasi SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pegawai mengetahui informasi mengenai lokasi vaksinasi dari sosial media (31,4%), mengakses lokasi vaksinasi dengan cara berjalan kaki (71,4%), dan mendaftar karena inisiatif pribadi (55,3%). Umumnya, waktu yang ditunggu oleh pegawai ketika vaksinasi antara 10-30 menit (50,4%) dan responden tidak merasakan efek samping setelah vaksinasi (38,9%). Nilai kualitas pelayanan vaksinasi pada satu perguruan tinggi di Kota Bandung yaitu 4,453 dari total skala 5 dengan nilai tertinggi pada dimensi bukti fisik (4,53) dan terendah pada dimensi empati (4,39). Dari masing-masing karakteristik (jenis kelamin, usia, dan tingkat pendidikan) pegawai, tidak ada hubungan bermakna yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelayanan vaksin kecuali pada variabel penghasilan pegawai (p<0,05). Secara keseluruhan, sebanyak 67,25% responden merasa sangat puas dengan pelayanan vaksinasi yang diberikan.