digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dan digital, sangat mempengaruhi banyak bidang kehidupan manusia. Tidak terkecuali pada bidang pendidikan. E-learning adalah salah satu contoh pengaruh perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan. Lahirnya konsep pembelajaran baru, e-learning, melahirkan inovasi baru dalam sistem pelaksanaan ujian yang dinamakan sistem ujian daring (online exam system). Namun dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa permasalahan yang muncul, seperti pelaksanaan ujian yang tidak terawasi, sulitnya penyaluran informasi akibat kendala komunikasi, plagiarisme jawaban, dll. Untuk itu, dibutuhkan suatu perangkat lunak atau aplikasi yang dapat mendukung pelaksanaan ujian daring. Dalam perancangan desain interaksi aplikasi ujian daring ini, digunakan pendekatan activity-centered design (ACD) dengan metodologi iterative life cycle. Langkah awal dimulai dengan identifikasi aktivitas dan identifikasi permasalahan aktivitas saat ini. Dilanjutkan dengan analisis desain solusi yang terdiri dari analisis rancangan model baru rangkaian aktivitas, analisis kebutuhan fungsional, dan analisis fitur desain solusi. Langkah selanjutnya adalah implementasi desain interaksi dan diakhiri dengan pengujian serta evaluasi hasil implementasi. Hasil akhir Tugas Akhir berupa high-fidelity prototype yang menyediakan komponen pendukung rangkaian aktivitas pelaksanaan ujian daring. Dari hasil pengujian dan evaluasi terhadap implementasi prototype, didapat kesimpulan bahwa hasil tugas akhir telah mencapai dua aspek usability goals, yakni effective to use dan easy to learn, serta mencapai dua aspek user experience goals, yakni helpful dan motivating.