Keberhasilan suatu proyek ditentukan oleh manajemen proyek yang baik. Dewasa
ini, banyak alat bantu manajemen proyek yang dapat diakses dari berbagai
perangkat seperti JIRA, Asana, Trello, Nifty dan sebagainya. Di antara aplikasiaplikasi
tersebut, aplikasi Nifty merupakan salah satu aplikasi manajemen proyek
yang memiliki fungsionalitas terlengkap. Namun di samping platform web atau
desktop yang memiliki respon baik terhadap usabilitynya, terdapat banyak kritik
dan rasa kurang puas pada perangkat mobile aplikasi Nifty. Aplikasi mobile yang
seharusnya dapat memberikan fleksibilitas dan akses yang cepat tidak dapat
dipenuhi akibat kurangnya desain interaksi yang ada pada aplikasi mobile Nifty.
Sehingga fitur yang disajikan oleh aplikasi Nifty tidak dapat digunakan dengan
maksimal dan efisien. Dengan potensi yang seharusnya dapat dicapai pada platform
mobile, maka dihasilkan rencana perbaikan desain interaksi pada tugas akhir ini
menggunakan pendekatan user-centered design. Melalui pendekatan ini, rencana
perbaikan akan semakin berfokus pada kebutuhan pengguna. Hasil tugas akhir
berupa prototipe high-fidelity pada perangkat mobile. Aspek usability dan user
experience goals yang diharapkan adalah efficient to use, easy to learn, dan helpful.
Pengujian dilakukan dengan analisis terhadap metrik SUS, SEQ, time based
efficiency, likert-scale, dan opini partisipan. Hasil pengujian menunjukan bahwa
prototipe berhasil memperbaiki permasalahan usability yang ditemukan pada
aplikasi Nifty dan mencapai goals yang diharapkan yang ditunjukan dengan nilai
metrik yang lebih baik dari aplikasi Nifty dan lebih tinggi dari nilai rata-rata.
Namun, pengembangan tetap dapat dilakukan lebih lanjut terhadap interaksi dan
antarmuka maupun cakupan fungsionalitas lain agar aplikasi manajemen proyek
pada perangkat mobile ini dapat semakin lebih baik dan membantu penggunanya.