digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Samantha Olivia Tandri
PUBLIC Alice Diniarti

Keberhasilan suatu proyek ditentukan oleh manajemen proyek yang baik. Dewasa ini, banyak alat bantu manajemen proyek yang dapat diakses dari berbagai perangkat seperti JIRA, Asana, Trello, Nifty dan sebagainya. Di antara aplikasiaplikasi tersebut, aplikasi Nifty merupakan salah satu aplikasi manajemen proyek yang memiliki fungsionalitas terlengkap. Namun di samping platform web atau desktop yang memiliki respon baik terhadap usabilitynya, terdapat banyak kritik dan rasa kurang puas pada perangkat mobile aplikasi Nifty. Aplikasi mobile yang seharusnya dapat memberikan fleksibilitas dan akses yang cepat tidak dapat dipenuhi akibat kurangnya desain interaksi yang ada pada aplikasi mobile Nifty. Sehingga fitur yang disajikan oleh aplikasi Nifty tidak dapat digunakan dengan maksimal dan efisien. Dengan potensi yang seharusnya dapat dicapai pada platform mobile, maka dihasilkan rencana perbaikan desain interaksi pada tugas akhir ini menggunakan pendekatan user-centered design. Melalui pendekatan ini, rencana perbaikan akan semakin berfokus pada kebutuhan pengguna. Hasil tugas akhir berupa prototipe high-fidelity pada perangkat mobile. Aspek usability dan user experience goals yang diharapkan adalah efficient to use, easy to learn, dan helpful. Pengujian dilakukan dengan analisis terhadap metrik SUS, SEQ, time based efficiency, likert-scale, dan opini partisipan. Hasil pengujian menunjukan bahwa prototipe berhasil memperbaiki permasalahan usability yang ditemukan pada aplikasi Nifty dan mencapai goals yang diharapkan yang ditunjukan dengan nilai metrik yang lebih baik dari aplikasi Nifty dan lebih tinggi dari nilai rata-rata. Namun, pengembangan tetap dapat dilakukan lebih lanjut terhadap interaksi dan antarmuka maupun cakupan fungsionalitas lain agar aplikasi manajemen proyek pada perangkat mobile ini dapat semakin lebih baik dan membantu penggunanya.