COVER - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Komunikasi merupakan bagian besar dalam kehidupan manusia. Hal ini mendorong manusia
untuk terus mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan segala bentuk komunikasi.
Salah satu teknologi informasi yang sekarang sedang berkembang dengan pesat adalah
teknologi chatbot. Saat ini chatbot telah membantu manusia dalam menyelesaikan tugas-tugas
yang dianggap repetitif dan simpel. Pelayanan akademik merupakan salah satu contoh dari
pelayanan umum yang bisa disediakan oleh sebuah chatbot.
Pelayanan akademik yang disediakan dalam area perguruan tinggi sangatlah banyak dan cukup
rumit yang menyebabkan diperlukannya banyak sumber daya manusia (SDM). Terlebih lagi
dengan kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, segala kegiatan dilakukan secara online
dalam usaha untuk mengurangi persebaran penyakit. Oleh sebab itu pelayanan umum semakin
sulit untuk diberikan melalui percakapan langsung seperti biasanya. Salah satu solusi yang
dapat digunakan adalah chatbot.
Oleh karena itu Tugas Akhir ini ditujukan untuk membuat chatbot yang menyediakan
pelayanan akademik dalam daerah perguruan tinggi. Penyediaan layanan dapat dibantu salah
satunya dengan sebuah chatbot yang menyediakan informasi dasar pelayanan umum dalam
area tersebut sehingga SDM dapat dialihkan ke tugas yang lebih memerlukan.
Sistem chatbot yang dibuat untuk Tugas Akhir ini dibangun dengan 5 komponen yaitu
komponen NLU (natural language understanding), message processor, action executor,
dialogue management, dan utterance generator. Komponen NLU kemudian dibangun
menggunakan kerangka kerja Rasa.
Secara keseluruhan, sistem yang dibangun telah mencapai tujuan dengan hasil yang cukup
memuaskan dengan hasil evaluasi yang menunjukkan hampir semua partisipan dapat
menggunakan aplikasi chatbot dan merasa terbantu oleh aplikasi yang dibangun.
Perpustakaan Digital ITB