digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Michael Ray
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

COVER - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Michael Ray
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Komunikasi merupakan bagian besar dalam kehidupan manusia. Hal ini mendorong manusia untuk terus mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan segala bentuk komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang sekarang sedang berkembang dengan pesat adalah teknologi chatbot. Saat ini chatbot telah membantu manusia dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dianggap repetitif dan simpel. Pelayanan akademik merupakan salah satu contoh dari pelayanan umum yang bisa disediakan oleh sebuah chatbot. Pelayanan akademik yang disediakan dalam area perguruan tinggi sangatlah banyak dan cukup rumit yang menyebabkan diperlukannya banyak sumber daya manusia (SDM). Terlebih lagi dengan kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, segala kegiatan dilakukan secara online dalam usaha untuk mengurangi persebaran penyakit. Oleh sebab itu pelayanan umum semakin sulit untuk diberikan melalui percakapan langsung seperti biasanya. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah chatbot. Oleh karena itu Tugas Akhir ini ditujukan untuk membuat chatbot yang menyediakan pelayanan akademik dalam daerah perguruan tinggi. Penyediaan layanan dapat dibantu salah satunya dengan sebuah chatbot yang menyediakan informasi dasar pelayanan umum dalam area tersebut sehingga SDM dapat dialihkan ke tugas yang lebih memerlukan. Sistem chatbot yang dibuat untuk Tugas Akhir ini dibangun dengan 5 komponen yaitu komponen NLU (natural language understanding), message processor, action executor, dialogue management, dan utterance generator. Komponen NLU kemudian dibangun menggunakan kerangka kerja Rasa. Secara keseluruhan, sistem yang dibangun telah mencapai tujuan dengan hasil yang cukup memuaskan dengan hasil evaluasi yang menunjukkan hampir semua partisipan dapat menggunakan aplikasi chatbot dan merasa terbantu oleh aplikasi yang dibangun.