digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Memasuki era globalisasi belakangan tahun ini pada kota besar banyak perusahaan ritel yang berkembang dengan cepat Perusahaan ritel mempunyai permintaan pasar yang besar pada setiap komunitas di seluruh dunia karena peran yang strategis pada perusahaan ritel berdasarkan ruamg lingkup dari perusahaan ritel tersebut yang mencakup produsen distributor dan konsumen Setiap perusahaan ritel mempunyai kebijakan dan aturannya masing-masing dalam mengatur perusahaannya Salah satu kunci sukses perusahaan ritel adalah bagaimana dapat mengatur persediaan yang efisien dan optimal Persediaan pada suatu perusahaan ritel dapat mempengaruhi fungsi bisnis lainnya antara lain bagian pemasaran dan keuangan Hypermart merupakan salah satu perusahaan ritel yang menjual produk sehari-hari untuk memenuhi keinginan pelanggannya, produk yang dijual di Hypermart antara lain makanan pakaian alat rumah tangga dan lain lain Hal ini diangkat karena Hypermart BIP mempunyai sekitar 100 pemasok karena itu perlunya suatu manajemen yang baik untuk mengatur hal tersebut