digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rayhanadytia Tresna Putri
PUBLIC Taupik Abidin

Jumlah kasus COVID-19 terus meningkat dan telah menyebar ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Situasi yang semakin krisis ini memaksa pemerintah untuk mengeluarkan beberapa peraturan baru yang juga mengubah pola kebiasaan masyarakat dalam melakukan aktivitas dan mengkonsumsi barang. Konsumsi masyarakat Indonesia di masa pandemi ini berbeda dengan sebelum pandemi, mereka lebih memperhatikan aspek kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen selama dan prediksi pasca pandemi COVID-19. Hal-hal yang dipelajari berkaitan dengan beberapa kategori produk dan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode wawancara untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi produk selama dan prediksi setelah pandemi berlalu. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang memiliki ekonomi menengah ke atas dan merasakan dampak dari pandemi COVID-19. Pada proses data analisis, penulis menggunakan metode analisis konten, pengkodean manual, dan uji tanda. Hasil penelitian yang dilakukan pada 68 responden menunjukkan tidak semua kategori mengalami perubahan signifikan dari sebelum pandemi hingga saat pandemi, hanya kategori fashion dan peralatan masak yang mengalami perubahan signifikan. Sebab selama masa pandemi dan prediksi mereka pascapandemi menunjukkan bahwa semua kategori belum mengalami perubahan yang signifikan. Faktor-faktor yang membuat perubahan tersebut adalah daya beli, keterbatasan mobilitas, kebutuhan baru, dan ketergantungan pelanggan pada faktor kebiasaan lama. Temuan dari penelitian ini akan berguna bagi pemasar dan pelaku bisnis untuk dapat membuat strategi pemasaran dalam memasarkan dan menjual produknya selama dan setelah pandemi di Indonesia