ABSTRAK Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan COVER Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 1 Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 2 Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 3 Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 4 Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 5 Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 6 Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan PUSTAKA Amanda Putri Septiani
PUBLIC Irwan Sofiyan LAMPIRAN Amanda Putri Septiani
PUBLIC 
Kondisi pandemi yang terjadi saat ini menjadi salah satu tantangan besar tersendiri pada sektor
pendidikan di Indonesia. Penerapan pembelajaran daring di masa pandemi terhitung masih
belum efektif, pasalnya hanya sebagian siswa yang dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
tanpa ada hambatan berarti. Salah satu solusi yang diharapkan dapat menyelesaikan
permasalahan tersebut adalah implementasi gamified microlearning untuk dapat meningkatkan
tingkat partisipasi dan pemahaman siswa selama proses pembelajaran dilakukan secara daring.
Penelitian ini mengadopsi Design Research Methodology sebagai metodologi penelitian dan
menggunakan model ADDIE sebagai framework pengembangan. Evaluasi dilakukan pada dua
level, yaitu evaluasi reaksi dan evaluasi dampak pembelajaran dengan diujikan langsung pada
sekelompok siswa SMA. Berdasarkan hasil evaluasi yang didapatkan, tingkat partisipasi siswa
selama pembelajaran melalui sistem gamified microlearning lebih tinggi daripada
pembelajaran melalui e-learning konvensional. Peningkatan pemahaman siswa pada metode
pembelajaran sistem usulan pun lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran daring
konvensional dengan perbedaan rata-rata nilai sebesar 9,04 poin. Selain itu rata-rata
peningkatan nilai test siswa dengan penggunaan sistem gamified microlearning lebih tinggi
sebesar 17,65 poin.