digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : AXA Financial Indonesia adalah bagian dari grup AXA, sebuah grup asuransi jiwa yang terbesar di dunia. AXA Financial Indonesia memiliki 15 kantor pemasaran di seluruh Indonesia. Produk utama dari AXA Financial Indonesia adalah Maestro Link Plus, sebuah produk finansial yang mengintegrasikan kebutuhan proteksi dan investasi bagi setiap individu. Dengan semakin banyaknya pesaing yang masuk ke dalam industri asuransi jiwa, AXA Financial Indonesia dituntut untuk mengembangkan budaya dan perilaku entrepreneurial sehingga menjadi perusahaan yang adaptif dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada di pasar. Perusahaan dengan budaya entrepreneurial dicirikan sebagai perusahaan yang optimis dalam menghadapi masa depan, cepat dalam merealisasikan peluang, terus-menerus melakukan inovasi dan perbaikan, serta berpikir strategis untuk jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dimensi-dimensi entrepreneurial dan mengetahui karakteristik kepemimpinan entrepreneurial yang ada di AXA Financial Indonesia kantor pemasaran Bandung. Survey dilakukan dengan menggunakan kuesioner Entrepreneurial Orientation Survey (EOS) dan Entrepreneur Leadership Questionnaire (ELQ) sebagai alat ukurnya. Penelitian ini melibatkan 42 orang staf dan agen pemasaran AXA Financial Indonesia di kota Bandung dari setiap lapisan dalam hirarki organisasi. Hasil EOS menunjukkan bahwa AXA Financial Indonesia kantor pemasaran Bandung memiliki kelebihan pada dimensi kecepatan, dimensi masa depan, dimensi dukungan, dimensi fokus, dan dimensi cross functionality. Sedangkan dimensi orientasi individu dan dimensi risiko merupakan dimensi dengan sifat entrepreneurial yang paling rendah. Sementara hasil ELQ menunjukkan adanya kesenjangan pada karaketristik kepemimpinan explorer, meskipun secara keseluruhan tingkat pemenuhan untuk masing-masing karakteristik kepemimpinan entrepreneurial sudah cukup tinggi yaitu diatas 75 %. Melalui survey ELQ ini pula, diketahui bahwa AXA Financial Indonesia kantor pemasaran Bandung memiliki pemimpin yang memiliki sifat dominan integrator dan miner. AXA Financial Indonesia kantor pemasaran Bandung dapat memulai upaya peningkatan perilaku entrepreneurial perusahaan dengan merekrut calon-calon agen berjiwa entrepreneneur dan mengirim mereka ke lapangan bersama dengan agen-agen pemasaran yang telah ada. Sedangkan untuk mengurangi kesenjangan kepemimpinan entrepreneurial, dapat dilakukan dengan meningkatkan komunikasi internal perusahaan.