digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TA_PP_NABILA_BELA_SHAFIRA_1-ABSTRAK.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM

Inovasi yang kuat adalah indikator daya saing yang jelas. Untuk alasan itu, perusahaan harus memiliki pengambil keputusan yang terampil untuk mengakomodasi proses inovasi. Sebagai pembuat keputusan strategis perusahaan, CEO menggunakan sumber daya kognitif mereka dalam proses identifikasi masalah dan penyelesaian masalah. Sumber daya kognitif berakar pada kecerdasan seseorang dan dapat dikembangkan dengan memperoleh pengetahuan, kompetensi, dan pengalaman. Selain itu, perusahaan dapat meningkatkan inovasi mereka dengan menerapkan Entrepreneurial Orientation. Perusahaan dengan Entrepreneurial Orientation (EO) menunjukkan praktik, perilaku, dan filosofi yang menekankan tindakan inovatif, pengambilan risiko, dan proaktif. Penelitian ini mencoba untuk menilai pengaruh latar belakang pendidikan CEO pada inovasi perusahaan yang memiliki entrepreneurial orientation. Penelitian ini menggunakan sampel dari 154 perusahaan Eropa (industri kimia, farmasi, dan material). Latar belakang pendidikan CEO diukur oleh luas pengetahuan mereka - variasi jurusan akademik yang dicapai - dan kedalaman pengetahuan - tingkat pendidikan dan apakah mereka memiliki gelar dalam jurusan akademik spesifik perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa kedalaman pengetahuan CEO memiliki pengaruh yang beragam terhadap inovasi perusahaan. Kehadiran jurusan akademik spesifik perusahaan dalam latar belakang pendidikan CEO menurunkan inovasi perusahaan, sedangkan tingkat pendidikan tinggi meningkatkan inovasi perusahaan.