digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Lufi Magfilia
PUBLIC Irwan Sofiyan

Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, Kemenkominfo mencatat setidaknya saat ini terdapat 70% perilaku pencarian dan penyaluran informasi dilakukan secara digital. Dalam upayamendukung pengembangan yang telah dilakukan dan beradaptasi dengan teknologi, Dinas Pariwisata Kabupaten Pringsewu memiliki rencana jangka panjang berupa pembangunan sebuah platform digital untuk mempromosikan produk dan jasa kepariwisataan. Platform e-tourism dapat dijadikan solusi untuk melakukan penyebaran informasi, pemasaran, dan juga transaksi kepariwisataan secara digital, mengingat saat ini penyebaran informasi dan transaksi pembelian pariwisata di Kabupaten Pringsewu saat ini masih dilakukan secara konvensional. Penelitian ini berfokus pada perancangan SPK tahapan model dan dialog platform e-tourism Kabupaten Pringsewu dengan memanfatkan data dan informasi kepariwisataan yang ada. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa rancangan tahapan model management berupa konteks sistem, proses bisnis, dan diagram aliran data untuk proses registrasi dan transaksi pembelian, dan dialog management berupa rancangan konten antarmuka dan mock-up halaman antarmuka. Keluaran tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi Dinas Pariwisata setempat dalam melakukan penciptaan dan pembangunan platform e-tourism untuk Kabupaten Pringsewu di masa mendatang.