Artikel Terbaru

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TAHAP MODEL DAN DIALOG UNTUK MENDUKUNG PLATFORM E-TOURISM (STUDI KASUS: KABUPATEN PRINGSEWU)

Oleh   Lufi Magfilia [14415032]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ir. Darwin, M.Sc.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FTI - Manajemen Rekayasa Industri
Fakultas : Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Subjek :
Kata Kunci : pariwisata, platform e-tourism, Kabupaten Pringsewu, Sistem Pendukung Keputusan, model management, dialog management, user interface.
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan  
File : 1 file
Tanggal Input : 2021-03-18 11:02:08

Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, Kemenkominfo mencatat setidaknya saat ini terdapat 70% perilaku pencarian dan penyaluran informasi dilakukan secara digital. Dalam upayamendukung pengembangan yang telah dilakukan dan beradaptasi dengan teknologi, Dinas Pariwisata Kabupaten Pringsewu memiliki rencana jangka panjang berupa pembangunan sebuah platform digital untuk mempromosikan produk dan jasa kepariwisataan. Platform e-tourism dapat dijadikan solusi untuk melakukan penyebaran informasi, pemasaran, dan juga transaksi kepariwisataan secara digital, mengingat saat ini penyebaran informasi dan transaksi pembelian pariwisata di Kabupaten Pringsewu saat ini masih dilakukan secara konvensional. Penelitian ini berfokus pada perancangan SPK tahapan model dan dialog platform e-tourism Kabupaten Pringsewu dengan memanfatkan data dan informasi kepariwisataan yang ada. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa rancangan tahapan model management berupa konteks sistem, proses bisnis, dan diagram aliran data untuk proses registrasi dan transaksi pembelian, dan dialog management berupa rancangan konten antarmuka dan mock-up halaman antarmuka. Keluaran tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi Dinas Pariwisata setempat dalam melakukan penciptaan dan pembangunan platform e-tourism untuk Kabupaten Pringsewu di masa mendatang.