digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 6 Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Muhammad Indera Nashri
PUBLIC Alice Diniarti

Salah satu UMKM yang ada di Indonesia dan terdampak pandemi Covid-19 adalah PT Sera Lestari Global yang bergerak di bidang kuliner dan harus melakukan adaptasi dalam bisnisnya untuk dapat bertahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan dan perbaikan proses bisnis, serta perencanaan proyek perbaikan proses bisnis pada Divisi Ayam Taliwang PT Sera Lestari Global. Pemetaan proses bisnis dilakukan merujuk pada American Productivity Quality Center. Selanjutnya dilakukan perbaikan proses bisnis dengan menggunakan metode Super methodology. Daftar perbaikan proses bisnis tersebut digunakan untuk perancangan penjadwalan proyek perbaikan proses bisnis dengan metode PERT. Hasil penelitian ini diperoleh pemetaan proses bisnis pada PT Sera Lestari Global Divisi Ayam Taliwang terdiri dari lima kategori yaitu membangun visi dan strategi, mengembangkan dan mengelola produk, memasarkan dan menjual produk, menyampaikan produk fisik serta mengelola pelanggan. Hasil perbaikan proses bisnis diperoleh dua solusi terbuka dan dua solusi tertutup. Dua solusi terbuka yaitu berupa usulan metode pemasokan bahan baku dan alternatif penambahan sumber daya manusia konten pemasaran. Dua solusi tertutup yaitu pengimplementasian aplikasi software teritegrasi dan penerapan kerangka manajemen pengelolaan hubungan pelanggan. Hasil perhitungan penjadwalan proyek perbaikan proses bisnis membutuhkan total waktu 61 hari.