digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Alfajri Rahmatullah
PUBLIC Sandy Nugraha

Kota Bandung adalah kota yang menyediakan fasilitas pendidikan khusus bagi penyandang tunanetra, SLB Negeri A Pajajaran adalah salah satu sekolah khusus tunanetra tertua di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Pendidikan khusus tunanetra berbeda dengan sekolah pada umumnya. Dalam konteks fasilitas pendidikan, sekolah ini cenderung dalam kondisi yang kurang baik, dan beberapa area ruang terbuka hijau disana belum digunakan dengan maksimal. Dari sudut pandang arsitektur lanskap, ruang terbuka hijau dapat menjadi alternatif area belajar penanaman konsep objek, belajar orientasi, mobilisasi, sosial, dan komunikasi sebagai cara tunanetra untuk dapat memahami dunia di sekitarnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami kategori-kategori terkait desain lanskap ramah tunanetra dan kemudian merancang sebuah desain terkait ruang terbuka hijau serta mobilisasi penyandang tunanetra berdasarkan indikasi, temuan, dan kategorisasi studi lanskap ramah tunanetra yang telah disesuaikan dalam konteks pembelajaran kekhususan di SLB Negeri A Pajajaran, Kota Bandung. Hasil perancangan berupa berbagai gubahan desain lanskap dengan konsiderasi ramah tunanetra, yang lebih jauh menjawab kebutuhan ruang terkait kegiatan pembelajaran kekhususan tunanetra.