digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Suci Maulani
PUBLIC Taupik Abidin

Studi ini menyajikan analisis adopsi pembayaran digital pada UMKM di Indonesia, dengan fokus pada bisnis makanan karena memberikan kontribusi pendapatan tertinggi pada ekonomi kreatif Indonesia dan menyumbang hampir 20% jenis UMKM di Indonesia. Penulis mengupayakan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya adopsi pembayaran digital untuk bisnis makanan UMKM di Indonesia, dampak pembayaran digital terhadap bisnis secara keseluruhan, dan tinjauan tolok ukur keberhasilan adopsi pembayaran digital dari bisnis makanan UMKM Singapura dan China. Studi ini bertujuan untuk membuat bisnis makanan UMKM menyadari kekuatan pembayaran digital untuk memengaruhi fungsi bisnis secara keseluruhan termasuk akses yang lebih mudah ke modal, pemasaran yang efektif, efisiensi waktu dalam operasi, dan menghilangkan resiko perampokan. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk mendorong pemerintah Indonesia dan penyedia pembayaran digital melakukan upaya khusus untuk adopsi pembayaran digital di sektor bisnis makanan UMKM. Temuan kunci dari studi ini adalah pentingnya memahami lingkungan eksternal dan internal bisnis makanan UMKM sebelum mengadopsi pembayaran digital.