Article Details

ANALISA PROYEKSI-PERSEPSI IMAGE KOTA BANDUNG SEBAGAI DESTINASI WISATA MENGGUNAKAN OPINION MINING DAN MODELING TOPIK

Oleh   Riefky Amarullah Romadhoni [29017004]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Manahan Parlindungan Saragih Siallagan;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Sains Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Opinion Mining, Branding Kota, Pariwisata Kota Bandung, Destination Image, LDA.
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-21 19:46:11

Industri pariwisa telah menjadi kunci utama terhadap perkembangan ekonomi di dunia sejak beberap tahun yang lalu. Selain itu, gambaran atau image untuk kota pariwisata juga penting untuk menentukan kesuksean dari kota wisata tersebut. Dengan menggunakan opini dari netizen di social media, kita dapat menentukan apakah Bandung telah mencapai visinya, yaitu menjadi destinasi pariwisata dan budaya internasional. Riset ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran atau image yang berasal dari netizen mengenai kota Bandung, teruma di bagian budaya dan pariwisata. Riset ini juga bertujuan untuk menerapkan topic modelling untuk mendapatkan image atau gambaran mengenai kota Bandung tersebut. Setelah mendapatkan image mengenai kota Bandung, riset ini juga mengusulkan untuk membuat brand Kota Bandung sesuai dengan opini netizen. Riset ini menggunakan pendekatan big data dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang diambil adalah post dari social media Twitter yang mengandung kata “Bandung” (keyword). Post yang diambil adalah post pada jangka waktu pertengahan bulan Agustus hingga akhir bulan October 2018. Setelah membersihkan data, riset ini menggunakan metodologi deskriptif analisis dan LDA untuk menganalisa data tersebut. Data yang diambil dibagi menjadi 2 tipe, yaitu data yang mengandung post retweet dan data yang tidak mengandung post retweet. Hasil yang didapatkan dalam riset ini adalah ada 10 kategori yang menjadi pembicaraan orang di sosial media Twitter mengenai kota Bandung. Hasil dari riset ini menunjukan bahwa metodologi deskriptif analisis dan LDA menghasilkan hasil yang mirip dan mempunyai kelemahan dan kekuatan masingmasing. Kategori yang sebelumnya didapatkan kemudian digabungkan untuk membentuk 3 brand utama yang yang dapat membantu Bandung untuk dapat berkembang sebagai tempat tujuan turis. Riset ini berguna untuk menemukan pengaruh dari sosial media dalam membentuk Destination Image sebuah kota dan juga membentuk Brand yang sesuai dengan kota tersebut