digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK MHARTA ADJI WARDANA.pdf ]
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Ketersediaan luas komputer dalam kehidupan hari ini telah mendefinisikan ulang arti bermatematika. Yang sebelumnya, bermatematika dimaknai sebagai kegiatan manusia semata, sekarang menjadi kegiatan manusia berkolaborasi dengan mesin. Khususnya, belajar dan menyelesaikan masalah matematika hari ini harus senantiasa diimajinasikan untuk didampingi atau dikerjakan dengan komputer, jika mungkin. Dampaknya, solusi matematika harus sistematis, jelas, dan runtun agar mudah dipahami manusia dan mesin. Agar dapat membuat solusi matematika yang sistematis, jelas dan runtun, manusia butuh untuk menguasai kecakapan-kecakapan berpikir komputasi dengan baik, antara lain, dekomposisi, berpikir induktif, berpikir deduktif, mengungkap pola, menyusun langkah, evaluasi, dan refleksi diri. Siswa dapat menunjukkan penguasaan kecakapan berpikir melalui tugas performa dan lembar penilaian diri. Proyek ini diakhiri dengan rancangan pembelajaran.