digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kecantikan sudah menjadi kebutuhan di era saat ini, terutama bagi wanita. Tren produk kecantikan kini beralih ke bahan-bahan alami, karena konsumen takut dengan bahan kimia. Melihat peluang positif dan pertumbuhan pasar yang menjanjikan untuk perawatan kulit secara alami, Biesha - sebuah startup bioteknologi di Bandung muncul untuk mengembangkan produk baru di industri kecantikan dengan bahan utama dari cascara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa akar permasalahan yaitu nilai kecantikan yang terkandung dalam produk Kamala belum sesuai dengan harapan konsumen. Kami melihat potensi cascara dapat dikembangkan menjadi produk baru berupa skincare. Hal ini didasarkan pada gagasan bahwa perawatan kulit dari luar mendapatkan dampak lebih (Ascenso et al., 2013; Carneiro et al., 2011). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan dari implementasi pengembangan produk baru melalui design thinking untuk berkontribusi pada solusi baru yang memenuhi kebutuhan konsumen yang paling kritis. Berdasarkan data yang dikumpulkan dengan wawancara semi terstruktur, peneliti menemukan beberapa wawasan tentang produk perawatan kulit dari cascara yang sudah memenuhi kebutuhan persona yang disebut dengan cascara serum. Sedangkan pendekatan lean startup digunakan untuk melakukan pembelajaran yang divalidasi setelah Minimum Viable Product (MVP) dibuat. Langkah ini bertujuan untuk membangun konsumen begitu ketika produk telah siap didistribusikan secara luas. Peneliti melakukan validasi tentang nilai yang mempengaruhi niat pemilihan serum cascara dengan menggunakan Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Didapatkan bahwa niat pilihan berpengaruh signifikan terhadap nilai bersyarat kemudian diikuti oleh nilai fungsional manfaat dan nilai fungsional harga. Selain itu, peneliti juga mengukur hipotesis pertumbuhan MVP dengan menggunakan Net Promoter Score (NPS) untuk mengetahui seberapa banyak orang yang akan merekomendasikan produk tersebut. Hasil NPS menunjukkan bahwa 'pasif' mendapat skor lebih besar dari pada 'promotor'. Wawasan dari penerapan design thinking dan metode lean startup kemudian digunakan untuk membuat rekomendasi strategi pemasaran yang akan diimplementasikan dalam serum cascara. Keywords: New product development, natural skincare, design thinking, lean startup