digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Yuwono Aji Bagaskoro
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Aktivitas dan pergerakan yang terjadi di kota Surabaya juga terus meningkat. Untuk itu dibutuhkan sarana dan prasarana yang mampu menunjang pergerakan tersebut seperti Stasiun Intermodal Joyoboyo. Pada perencanaan Stasiun Intermodal Joyoboyo terdapat underpass. Sehingga perancangan sistem pondasi dan sistem dinding penahan tanah untuk underpass perlu direncanakan denga baik. Pada struktur ini sistem pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang bor dengan penentuan daya dukung aksial tiang tunggal berdasarkan pendekatan Reese & Wright. Penentuan daya dukung lateral tiang tunggal dihitung dengan software LPILE serta dilakukan pengecekan dengan metode Broms. Analisis grup tiang dan analisis settlement dilakukan menggunakan perhitungan manual. Dinding penahan tanah yang digunakan untuk struktur underpass adalah jenis diaphragma wall dengan sistem penunjang ground anchor. Perhitungan analitis dilakukan secara manual sedangkan pemodelan analisis stabilitas, displacement, dan gaya-gaya dalam dilakukan dalam software PLAXIS. Desain penulangan pondasi dan dinding diafragma mengikuti peraturan SNI 2847-2013 tentang Tata Cara Perencanaan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung.