Pembangunan Pelabuhan Patimban merupakan strategi pemerintah untuk
mengurangi kelebihan kapasitas di Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan
satu-satunya Pelabuhan Internasional di Jakarta. Pelabuhan Patimban akan
melayani jenis muatan peti kemas dan kendaraan yang diangkut menggunakan
kapal-kapal berukuran besar.
Pada studi kasus Tugas Akhir mengenai Perencanaan Struktur Dermaga Car
Terminal Tipe Deck on Pile di Pelabuhan Patimban, Subang, akan dibahas
mengenai desain struktur dermaga berdasarkan kriteria desain yang digunakan
sebagai syarat perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi eksisting
pada lokasi studi. Tugas Akhir mencakup penentuan layout dermaga, dimensi
dermaga, pemodelan struktur, dan desain penulangan struktur.
Pemodelan struktur dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAP2000
untuk mengetahui kehandalan struktur rencana terhadap beban yang bekerja pada
struktur. Hasil dari pemodelan ini berupa nilai UCR (Unity Check Ratio), defleksi
struktur, gaya dalam balok dan pelat, serta reaksi perletakan. Pemeriksaan nilai
UCR dilakukan sebagai acuan desain struktur yang handal dan optimal dengan
nilai berada pada rentang 0.8 hingga 1.0. Pemeriksaan nilai defleksi dilakukan
sebagai aspek kemapulayanan struktur dengan nilai harus di bawah batas izin.
Sedangkan pemeriksaan nilai rasio tulangan dilakukan untuk menentukan luas
penampang optimal.
Hasil dari Tugas Akhir meliputi rancangan layout dermaga, rancangan dermaga
yang meliputi dimensi struktur dan dimensi elemen struktural, dan detail
penulangan berdasarkan gaya dalam yang bekerja.