digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Adi Kusnanda
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Muhammad Adi Kusnanda
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Muhammad Adi Kusnanda
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

BAB 3 Muhammad Adi Kusnanda
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

BAB 4 Muhammad Adi Kusnanda
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

BAB 5 Muhammad Adi Kusnanda
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Muhammad Adi Kusnanda
PUBLIC Alice Diniarti

Dari tahun ke tahun jumlah kendaraan di Indonesia semakin meningkat. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan maka kemungkinan terjadinya kecelakaan juga meningkat. Berdasarkan data yang dilansir Badan Pusat Statistik, jumlah kecelakaan di jalan raya dari tahun 2007 menuju tahun 2016 meningkat sekitar 120%. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak dari terjadinya impak maka dirancang suatu struktur yang dapat menyerap energi kinetik akibat tabrakan. Sehingga cedera yang dialami penumpang dapat diminimalisir. Salah satu struktur yang sering digunakan untuk menyerap energi impak pada alat transportasi adalah struktur crash box. Pada tugas akhir ini, fokus penelitian adalah untuk melakukan kaji numerik dan eksperimen struktur crash box doublé-hat multi-corner dengan pembebanan impak aksial. Pada tahap awal akan dilakukan simulasi pembentukan menggunakan Hyperform sehingga didapatkan model yang mempunyai tegangan sisa dan regangan sisa yang terdistribusi. Selanjutnya model ini digunakan sebagai input pada simulasi numerik impak aksial pada perangkat lunak LS-DYNA. Kemudian dilakukan pengujian impak menggunakan alat uji impak dengan konsep “drop tower”. Struktur crash box yang dianalisis adalah struktur kolom double-hat multi-corner dengan jumlah total sudut 16, dengan dimensi penampang (60 mm × 60 mm), panjang kolom 170 mm, dan dengan variasi ketebalan dinding 1 mm dan 0.8 mm. Didapatkan displacement dan energi yang diserap pada simulasi numerik adalah 94.26 mm dan 4672.20 J untuk crash box 1 mm dan 88.71 mm dan 3129.14 J untuk crash box 0.8 mm. Adapun displacement dan energi yang diserap pada pengujian adalah 81.78 mm dan 4225.73 J untuk crash box 1 mm dan 97.82 mm dan 2952.14 J untuk crash box 0.8 mm.