digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nida An Khofiyya
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Nida An Khofiyya
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Nida An Khofiyya
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Nida An Khofiyya
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Nida An Khofiyya
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Nida An Khofiyya
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

DAFTAR Nida An Khofiyya
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

2020 TA PP NIDA AN KHOFIYYA_LAMPIRAN.pdf ]
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

2020 TA PP NIDA AN KHOFIYYA_JURNAL.pdf)u
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Bandung Intra Urban Toll Road merupakan kebijakan yang akan diterapkan di Kota Bandung untuk mengatasi kemacetan. Penentuan kebijakan transportasi seringkali tidak mempertimbangkan dampak lingkungan. Analisis dampak lingkungan dilakukan melalui AMDAL, namun AMDAL BIUTR dilaksanakan pada tahun 2006, sehingga diperlukan pembaruan AMDAL dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan terbaru. Maka, studi ini melakukan pembaruan data pada beberapa dampak lingkungan berdasarkan AMDAL sehingga diperoleh estimasi terkini. Dampak lingkungan terkini menunjukkan bahwa polusi udara, kebisingan, dan potensi aliran banjir mengalami perubahan dari estimasi sebelumnya pada AMDAL. Dampak lingkungan dalam proyek dapat dimasukkan dalam studi kelayakan sebagai salah satu pertimbangan yang setara dengan komponen lainnya melalui valuasi dampak lingkungan. Valuasi dampak lingkungan dalam studi ini dilakukan melalui metode benefit transfer dengan menggunakan standard VTPI. Validasi penggunaan standard VTPI dilakukan melalui analisis asosiasi r-pearson antara standard VTPI dengan PDRB, persentase penduduk miskin, jumlah penduduk miskin, serta pengeluaran bulanan. Standard VTPI valid digunakan sebagai WTP pada analisis selanjutnnya karena memiliki korelasi signifikan dengan PDRB dan persentase penduduk miskin. Standard VTPI dikonversi ke dalam rupiah dan dikalikan dengan estimasi jumlah kendaraan bermotor serta jarak tempuh sehingga diperoleh biaya dampak lingkungan total sebesar Rp21.288.060.417. Komposisi biaya dampak lingkungan terbesar adalah biaya perubahan tutupan lahan dan biaya polusi udara lokal.