digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Putri Imelia Triana
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Electronic commerce (e-commerce) saat ini menjadi bentuk perdagangan yang semakin popular di dunia sehingga semakin banyak perusahaan yang mulai membuat online store mereka sendiri. Salah satu perusahaan di Indonesia yang menerapkan sistem e-commerce dalam memasarkan produknya yaitu PT Gramedia Asri Media. Gramedia merupakan toko buku terbesar di Indonesia yang menjual beragam buku, alat tulis, peralatan sekolah dan kantor, mainan anak, hingga alat olahraga, musik, fashion dan aksesoris. Berdasarkan data wawancara dengan pihak Gramedia dan review dari Google Play Store didapatkan bahwa salah satu masalah utama aplikasi mobile Gramedia adalah usability. Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi usability aplikasi Gramedia berbasis Android dan memberikan rancangan usulan perbaikan user interface terkait masalah usability yang ada. Penelitian dilakukan dengan metode usability testing. Evaluasi usability dilakukan dengan empat tugas yaitu menyimpan data alamat, melihat status pesanan produk yang dibeli, mencari informasi jumlah stok produk, dan mencari buku pada menu kategori “Humor”. Data yang diambil adalah data efektivitas, efisiensi, kepuasan pengguna, kesalahan partisipan, dan retrospective think aloud (RTA). Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 20 partisipan new user. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile Gramedia belum sepenuhnya efektif karena hanya tugas 1 yang memiliki nilai efektivitas 100% dan tugas 2 memiliki nilai 60%. Aplikasi ini juga belum sepenuhnya efisien karena memiliki standar deviasi waktu penyelesaian tugas yang tinggi yang mana tugas 1 adalah 32,43 detik, tugas 2 adalah 28,66 detik, tugas 3 yaitu 34,01 detik, dan tugas 4 adalah 23,06 detik. Untuk kepuasan pengguna, kategori “Layar” memiliki nilai terendah yaitu 6,25 dari 9,00 dengan sub kategori terendah yaitu “Pengorganisasian Informasi” dengan nilai 5,50. Usulan perbaikan yang didapatkan adalah 17 usulan.