digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Tahta Ramadhan
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 8 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 9 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 10 Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Tahta Ramadhan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan laut memiliki peran yang sangat besar dalam perdagangan dimana dapat mengakomodasi persebaran barang, jasa dan orang. Dermaga penumpang di desa Lerokis, Pulau Wetar, Maluku dibangun dikarenakan perlunya pelabuhan pengumpan lokal untuk mendukung program Tol Laut. Pada studi kasus tugas akhir ini mengenai Perancangan Struktur Dermaga Penumpang di Lerokis, Maluku Barat Daya, Maluku, akan dibahas mengenai desain struktur dermaga dan trestle berdasarkan kriteria desain yang digunakan sebagai syarat perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar. Tugas akhir mencakup penentuan dimensi dermaga dan trestel, pengolahan data lingkungan, perhitungan beban pada dermaga dan trestel, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, perhitungan daya dukung tanah, dan analisis biaya material. Pemodelan struktur dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SAP2000. Hasil dari Tugas Akhir ini meliputi dimensi struktur dermaga dan trestle, dimensi elemen struktur dermaga dan trestle, detail penulangan berdasarkan gaya dalam yang bekerja, kedalaman rencana pemancangan yang mampu menahan reaksi struktur berdasarkan data geoteknik yang tersedia, dan jumlah biaya material yang digunakan pada pembangunan struktur dermaga dan trestle