digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Raynald Masli
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Raynald Masli
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Raynald Masli
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Raynald Masli
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Raynald Masli
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Raynald Masli
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Raynald Masli
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Raynald Masli
PUBLIC Alice Diniarti

Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain dan menganalisis perilaku dan parameter kelaikan tabrak struktur penyerap energi impak pada LRT dengan pembebanan impak aksial berdasarkan regulasi internasional UIC/EN 15227. Hasil analisis digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan desain struktur kendaraan LRT yang mampu menyerap energi impak aksial saat kecelakaan. Analisis yang dilakukan didasarkan pada reduksi peluang terjadinya general buckling dan berat struktur, serta pengembangan parameter deformasi struktur, rerata gaya tabrak, gaya tabrak maksimum, dan deselerasi struktur. Proses desain dilakukan dengan mengubah bentuk penampang crash box, serta memvariasikan parameter panjang dan ketebalan desain. Peletakan crash box pada struktur kendaraan LRT didesain berdasarkan kebutuhan struktur untuk menyerap energi impak yang lebih efisien berdasarkan kaidah – kaidah kelaikan tabrak struktur, dengan penambahan komponen – komponen pendukung agar terjadi progressive crushing. Analisis dan proses pendesainan ulang struktur penyerap impak diterapkan pada beberapa jenis desain. Validasi variasi desain dilakukan dengan dua alternatif berdasarkan penambahan komponen maskara pada simulasi. Variasi desain yang dipilih pada simulasi tanpa pemasangan maskara, dipilih konfigurasi desain dengan sepuluh crash box yang memiliki rerata gaya tabrak sebesar 768,5 kN dan deformasi struktur 625 mm, sedangkan pada simulasi dengan pemasangan maskara, konfigurasi desain yang dipilih menggunakan delapan buah crash box dengan rerata gaya tabrak 917,9 kN dan deformasi struktur sebesar 519,6 mm. Variasi struktur yang dipilih, merupakan struktur yang efisien berdasarkan perbaikan parameter kelaikan tabrak, terkualifikasi dalam simulasi pengujian statik yang dilandaskan pada regulasi internasional UIC/EN 12663, serta dapat dioptimasi dengan model yang lebih kompleks.