digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Aluminum foam merupakan salah satu jenis material logam yang memiliki kemampuan penyerapan energi yang besar. Beberapa penelitian telah dikembangkan dalam memanfaatkan keunggulan dari material Aluminum foam tersebut. Terutama penelitian yang dikembangkan oleh Laboratorium Struktur Ringan ITB yang menerapkan material aluminum foam dalam analisis penyerapan energi pada crashbox dan lantai bawah kendaraan tempur lapis baja. Karena penerapannya dalam perkembangan penelitian, penting untuk diketahui properti mekanik dari aluminum foam terutama pada kondisi laju regangan tinggi. Teknik SHPB dipilih sebagai metode pengujian sifat mekanik aluminum foam pada laju regangan tinggi pada riset ini. Tugas akhir ini fokus untuk menentukan model simulasi numerik yang mendekati hasil pengujian dengan teknik SHPB dan studi terhadap pengaruh laju regangan pada aluminum foam. Studi mengenai desain alat SHPB untuk pengujian soft material telah dilaksanakan untuk mendapatkan hasil pengujian yang dapat diterima. Terdapat dua model geometri yang digunakan dalam melakukan pemodelan aluminum foam, yakni model silinder padat dan model crusifoam yang dikembangkan oleh S.Santosa dan T.Wierzbicki, serta dua model material yakni MAT154 Deshpande Fleck Foam dan MAT24 Linear Piecewise Plasticity. Setelah melakukan pengujian dan mendapatkan hasil hubungan tegangan-regangan dari aluminum foam, dilakukan korelasi model numerik dengan melakukan curve fitting parameter baru, guna memperoleh model numerik yang mendekati hasil eksperimen. Kemudian dilakukan perbandingan antara dua model numerik yang digunakan dan ditentukan model numerik yang memiliki eror terkecil terhadap eksperimen. Pada riset ini diperoleh model Deshpande Fleck Foam memiliki eror terhadap pengujian yang lebih kecil dibandingkan dengan model yang lain.