digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Teknologi perkerasan jalan sudah berkembang pesat di negara-negara maju. Salah satu jenis perkerasan yang jarang dijumpai di Indonesia adalah campuran SMA (Stone Matrix Asphalt). Campuran SMA merupakan campuran bergradasi senjang yang mempunyai keunggulan dalam menahan retak dan alur pada perkerasan jalan. Jenis campuran ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam permasalahan kerusakan perkerasan di Indonesia. Selain itu, penggunaan aspal modifikasi polimer diharapkan dapat meningkatkan karakteristik aspal sehingga memberikan kinerja yang baik pula pada perkerasan. Pada penilitian ini digunakan campuran yang menggunakan aspal modifikasi Elvaloy sebagai pembanding terhadap campuran yang menggunakan aspal konvensional. Perencanaan campuran dilakukan dengan metode Marshall dimana sifat-sifat karakteristik campurannya mengacu pada spesifikasi AASHTO. Kinerja campuran diperoleh melalui pengujian secara mekanistik yaitu pengujian Marshall, Modulus Dinamis, Modulus Resilien serta retak lelah menggunakan empat titik pembebanan. Pengujian Modulus Dinamis dapat digunakan untuk membangun master curve dari masing-masing campuran. Berdasarkan karakteristiknya, aspal modifikasi Elvaloy menunjukkan sifat yang lebih kaku serta lebih tahan terhadap perubahan temperatur. Secara umum, campuran yang menggunakan aspal modifikasi Elvaloy menunjukkan kinerja yang lebih baik, dengan optimum penggunaan kadar Elvaloy sebanyak 1%. Semakin tinggi kadar Elvaloy yang digunakan maka akan mempersulit dalam pembuatan campurannya, sehingga performa puncaknya sulit tercapai. Secara keseluruhan, aspal modifikasi Elvaloy cocok digunakan pada campuran SMA dan dapat dipertimbangkan menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan kerusakan jalan di Indonesia.