2017 TA PP NAZLA FINDY AULIA 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Wiwik Istiyarini 2017 TS PP NAZLA FINDY AULIA 1 - FULL TEXT.pdf
]
PUBLIC Wiwik Istiyarini
ABSTRAKSI
Kulit adalah salah satu komoditas yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Industri ekspor
kulit Indonesia - dengan perkiraan omset tahunan sebesar US $ 200.000 sampai US $ 1 juta, -
merupakan yang terbesar keempat di antara negara-negara ASEAN. Sayangnya, proses
penyamakan kulit Indonesia sering kali ilegal. Industri kulit eksotis, sering kali membunuh
secara brutal sebanyak jutaan hewan setiap tahunnya. People for the Ethical Treatment of
Animals (PETA), organisasi hak asasi hewan terbesar di dunia, meluncurkan kampanye video
kesadaran yang bertujuan untuk mengurangi niat membeli terhadap kulit dengan mengalihkan
keinginan konsumen ke kulit imitasi. Penelitian ini menggunakan survei kuesioner secara
online yang disebarkan di wilayah Bandung untuk menganalisis kampanye video PETA.
Dengan tujuan: bagaimana dan sampai sejauh mana komunikasi PETA menyebabkan
perubahan dalam sikap konsumen dan niat membeli. Penelitian yang dilakukan di dalam 400
responden menunjukkan bahwa ada perubahan sikap yang terjadi disebabkan oleh kualitas
pesan yang kuat dari kampanye video itu sendiri. Selain itu, perubahan sikap menunjukkan
hasil signifikansi positif di mana perubahan sikap yang lebih tinggi muncul, semakin tinggi
niat beli terjadi.
Kata kunci: Kampanye video kesadaran, perubahan perilaku, niat membeli