2017 TA PP BELA AZANIA 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Taupik Abidin BAB 1 Bela Azania (NIM 19013145)
PUBLIC Taupik Abidin BAB 2 Bela Azania (NIM 19013145)
PUBLIC Taupik Abidin BAB 3 Bela Azania (NIM 19013145)
PUBLIC Taupik Abidin BAB 4 Bela Azania (NIM 19013145)
PUBLIC Taupik Abidin BAB 5 Bela Azania (NIM 19013145)
PUBLIC Taupik Abidin 2017 TS PP BELA AZANIA 1 - FULL TEXT.pdf
]
PUBLIC Taupik Abidin
Engagement menjadi populer karena beberapa survei menunjukkan bahwa employee engagement dapat
berpengaruh pada efektifitas juga citra perusahaan. Kondisi employee engagement dibagi menjadi tiga
yaitu: berkomitmen aktif, belum berkomitmen dan tidak berkomitmen secara aktif. Pegawai dalam
kondisi tidak berkomitmen secara aktif inilah yang berbahaya. Karena dia tidak menunjukkan performa
yang maksimal, juga bisa menularkan hal buruk ini ke yang lain. Efeknya bisa mengganggu jalannya
produksi. Apalagi, di bidang industri kreatif yang memiliki proses produksi berurutan. Jika satu proses
dalam rangkaian produksi terganggu, otomatis akan menghambat keseluruhan proses. Selain itu,
industri yang berumpu pada sector kreatif juga memiliki kerugian lain dari pegawai yang belum dan
tidak berkomitmen. Jika seorang pegawai yang sudah lolos pelatihan dengan baik tiba-tiba memilih
untuk keluar karena tidak berkomitmen, maka ini akan menjadi kerugian besar. Penelitian ini dilakukan
Rumah Batik Komar, bisnis kreatif terkenal di Bandung yang fokus pada produksi kain Batik.
Pertanyaan pertama adalah mengenai faktor yang memengaruhi employee engagement. Berdasarkan
hasil pemfaktoran dari Gallup Q12, didapatkan dua faktor yaitu; employee recognition dan employee
development. Kemudian dari hasil penghitungan nilai rata-rata, faktor dominan yang memengaruhi
employee engagement di Rumah Batik Komar adalah employee development.