digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Globalisasi memaksa perusahaan untuk menciptakan strategi global untuk mendapatkan competitive advantages dengan cara mengoptimalisasikan seluruh sumber daya mereka termasuk sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran-peran yan berpengaruh terhadap tingkat employee engagement di dalam sebuah perusahaan konsultan yang bernama Indonesia Center for Sustainable Development Bandung. Penelitian ini hanya berfokus pada strategi-strategi yang dilakukan ICSDB dalam membangun employee engagement dan tidak mendiskusikan tentang pengukuran dari tingkat employee engagement. Penelitian ini juga mengevaluasi teori yang sudah ada tentang employee engagement yang dapat berguna untuk memperkaya pemahaman secara kontekstual. Berdasarkan beberapa penelitian tentang employee engagement yang sudah dilakukan, masih sedikit penelitian yang dilakukan di dalam sebuah perusahaan konsultan. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menggunakan sebuah perusahaan konsultan yang baru saja berdiri sebagai obyek penelitian yang masih jarang dilakukan oleh peneliti lain. Observasi partisipatif dan wawancara mendalam merupakan dua alat utama yang digunakan di dalam metode etnografi sebagai metode pengumpulan data di dalam penelitian ini. Domain analysis digunakan sebagai metode analisis data untuk menginterpretasikan peran-peran yang berpengaruh terhadap employee engagement berdasarkan teori tertentu. Masing-masing individu, manajer, dan eksekutif di dalam ICSDB memiliki peran penting di dalam employee engagement. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajer memiliki peran yang lebih dominan dalam memengaruhi tingkat employee engagement di ICSDB. Pendekatan "constructive bullying" oleh manajer ICSDB untuk meningkatkan tingkat engagement. Selain itu, client-server relationship juga menjadi factor yang signifikan untuk meningkatkan tingkat employee engagement melalui hubungan emosional antara ICSDB sebagai server dan masyarakat binaan mereka sebagai client. Penelitian ini menyarankan agar anggota tim ICSDB memperkuat rasa kepemilikan mereka untuk meningkatkan engagement terhadap ICSDB. Selain itu, ICSDB perlu untuk membangun beberapa tim kecil jika mereka sudah memiliki pegawai yang sangat banyak untuk mengulangi strategi mereka berupa tim kecil yang telah sukses membangun employee engagement.