digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Setiap tahunnya industri motor telah tumbuh secara signifikan di Indonesia. Perkembangan industri motor sangat didorong oleh kebutuhan pelanggan untuk transportasi yang stabil, nyaman, cepat dan terjangkau yang belum bisa disediakan oleh Pemerintah. PT.Daya Adicipta Mustika (PT.DAM) sebagai Main Dealer Honda Jawa Barat dan Main Dealer terbesar di Indonesia memiliki beberapa masalah seperti pertumbuhan penjualan Yamaha di kategori pengguna motor pertama lebih tinggi dibanding Honda dalam 2 tahun terakhir dan ada perpindahan merk pembelian motor sebagai motor tambahan ataupun penggantian oleh pelanggan Honda. Untuk mengeksplorasi isu bisnis, dilakukan pertimbangan analisa lingkungan eksternal dan internal. Dalam rangka untuk mengeksplorasi kebutuhan pelanggan dan wawasan pelanggan, pasar, dan kinerja Honda di Jawa Barat setiap tahunnya PT. AHM dan PT.DAM berkolaborasi untuk melakukan survei yang disebut Project Bike dalam tiga tahun terakhir yakni dimulai 2010, 2011 dan terakhir 2012. Kuisoner ini berjumlah 10 lembar pertanyaan dengan jumlah rata-rata 500 responden untuk segala merk motor dan dilakukan di hampir setiap area di Jawa Barat. Hasil survei ini diproses hanya sampai tahap deskriptif dan tidak diuji dengan menggunakan metode statistik karena tujuan survei ini tidak memerlukan uji statistik untuk pengolahan data. Berdasarkan analisa, ada beberapa akar masalah yang harus diselesaikan oleh PT DAM dalam memecahkan kedua masalah, yaitu tingkat saluran promosi Honda yang lebih rendah dari Yamaha, Sponsorship of PT.DAM tidak berpengaruh banyak untuk penjualan Honda di Jawa Barat, rendahnya kualitas ataupun validasi dari database pelanggan, penjualan Honda di segmen motor sport menengah lebih rendah dari Yamaha, dan terakhir tingkat kesukaan akan desain produk dan teknologi irit bahan bakar yang lebih rendah dari Yamaha. Untuk mengatasi permasalahan ada beberapa solusi yang diusulkan yakni membangun merek yang terhubung, meningkatkan dampak dari sponsorship, meningkatkan penggunaan dan kualitas data base pelanggan, meningkatkan penjualan di pasar motor Honda sport dan terakhir memberikan rekomendasi untuk merubah desain produk untuk AHM dan penguatan kampanye teknologi irit bahan bakar. Untuk melaksanakan rencana implementasi dari usulan solusi untuk motor Honda, PT. DAM akan melakukan solusi bisnis untuk rencana satu tahun yang dimulai pada bulan Januari 2014. Untuk setiap rencana strategis, anggaran harus sesuai rasio biaya maksimum dan juga bertujuan memenuhi tujuan perusahaan. Penelitian selanjutnya di masa depan diperlukan untuk mengevaluasi dampak dari sponsorship setelah rencana rekomendasi yang dilakukan oleh PT. DAM dan mendapatkan data yang lebih lengkap dari pesaing untuk perbandingan juga dampak dari perusahaan konsultan untuk mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan oleh PT.DAM Keywords : Honda, PT.DAM, Project Bike, Motorcycle, market share.