Abstrak - Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam dunia pendidikan yaitu kurangnya
tenaga guru, guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan (mismatch), kualifikasi rendah,
disparitas kompetensi, dan penyaluran guru tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model
algoritma klasifikasi pemerataan kebutuhan guru dengan menggunakan algoritma nearest neighbor. Penelitian
ini merupakan penelitian historis dengan menggunakan metode eksperimental yaitu dengan melakukan
perancangan dan pembuatan model sistem. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka (library
research) dan metode pengumpulan data lapangan (field research) dan pembuatan aplikasi berdasarkan analisis
hasil dari metode data mining yakni algoritma Nearest Neighbor. Algoritma yang digunakan adalah algoritma
nearest neighbor yang digunakan untuk mendapatkan pola-pola klasifikasi kebutuhan guru. Hasil dari penelitian
informasi berupa pola klasifikasi yaitu keadaan kebutuhan guru per mata pelajaran yang terdiri dari tiga kondisi
yaitu lebih, cukup dan kurang. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa proses penghitungan kedekatan kasus
lama dengan kasus baru memerlukan waktu yang lama.
Perpustakaan Digital ITB