digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam dunia pendidikan yaitu kurangnya tenaga guru, guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan (mismatch), kualifikasi rendah, disparitas kompetensi, dan penyaluran guru tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model algoritma klasifikasi pemerataan kebutuhan guru dengan menggunakan algoritma nearest neighbor. Penelitian ini merupakan penelitian historis dengan menggunakan metode eksperimental yaitu dengan melakukan perancangan dan pembuatan model sistem. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka (library research) dan metode pengumpulan data lapangan (field research) dan pembuatan aplikasi berdasarkan analisis hasil dari metode data mining yakni algoritma Nearest Neighbor. Algoritma yang digunakan adalah algoritma nearest neighbor yang digunakan untuk mendapatkan pola-pola klasifikasi kebutuhan guru. Hasil dari penelitian informasi berupa pola klasifikasi yaitu keadaan kebutuhan guru per mata pelajaran yang terdiri dari tiga kondisi yaitu lebih, cukup dan kurang. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa proses penghitungan kedekatan kasus lama dengan kasus baru memerlukan waktu yang lama.