digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Roda pendarat utama merupakan salah satu komponen pada pesawat udara yang berpengaruh langsung pada tingkat keselamatan dalam transportasi udara. Kegagalan komponen shear stud brake sebagai salah satu komponen penyusun roda pendarat sedikit banyak mempengaruhi performa roda pendarat dalam beroperasi. Patahan shear stud brake ditemukan pada B737-400 dengan kode registrasi PK-GWM pada tanggal 26 Juli 2010 saat overhaul brake. Komponen telah beroperasi sekitar 14.141 siklus (CSN/ Cylce Since New) sejak 08 September 2002. Analisis kegagalan kemudian dilakukan untuk mendapatkan data penyebab patahan pada komponen tersebut. Analisis yang dilakukan adalah analisis visual permukaan patahan, analisis fraktografi-SEM, analisis komposisi kimia, uji kekerasan, analisis metalografi, dan analisis mekanika retakan. Berdasarkan analisis tersebut didapat penyebab kegagalan pada komponen adalah Stress-Corrosion. Hal ini juga diperkuat dari hasil pengamatan komponen yang masih beroperasi. Inisiasi kegagalan terjadi dari serangan korosi sumuran pada bagian atas komponen (top part of the shank). Dari analisis metalografi didapat bahwa terdapat retakan yang menjalar pada daerah ujung nut yang menunjukkan pernah adanya aplikasi tegangan yang berlebihan dalam sejarah pemasangan. Peristiwa patahnya komponen dikarenakan oleh aplikasi tegangan yang berlebihan dan hasil produk korosi yang menjalar pada komponen. Material shear stud brake adalah AISI 4340.